Tulisan Kamis Pagi


Katanya, kalau tidur pagi rezekinya akan dipatok ayam. Aku sendiri tidak terlalu peduli, toh meskipun bangun tidurnya jam delapan pagi si dia tetap memberikan perhatian padaku. Sms-nya yang menyuruhku untuk tidak lupa sarapan pagi tidak dimakan ayam, tetap masuk ke hape LG-ku. Apa yang yang perlu dirisaukan. Jadi, kuanggap itulah jatah rezekiku pagi ini: sms darimu, kekasih (ah, gak terlalu romantis).
Tak perlu bersedih, kecewa, atau iri pada orang lain yang bisa bangun pagi. Meskipun tidak bisa melihat matahari terbit, kita masih bisa melihatnya di youtube dengan penuh penghayatan. Bahkan lebih indah, lebih bagus dari matahari terbit di tempatmu.
Bangun siang juga memperbanyak pengalaman kita. Kita bisa tahu rasanya bangun siang, kita seakan bisa melampaui waktu: berada di siang hari tanpa harus mengikuti pagi, dan terkadang juga tiba-tiba ada orang yang membangunkan tidur pagimu dengan langsung menyuguhkan segelas kopi dan rokok. Nikmatnya tidak ada duanya, segarnya tidak beda jauh dengan melihat mawar yang masih berembunl.
Hanya saja saranku, jangan sekali-kali seenaknya saja tidur pagi jika punya jadwal kuliah di jam 7.30 Waktu Indonesia Bagian Kampusmu. Teman-temanmu tidak akan ada yang mengizinkan, kecuali mereka bisa bangun pagi. “Kalau tidur pagi absensi kuliahnya dipatok ayam”, bisa saja redaksi peribahasa yang benar memang seperti itu. Bukan “rezeki” melainkan “absensi”.
Aku tidak ada jadwal kuliah hari ini. Dosen minta libur. Entah alasannya kenapa. Tidak jelas. Aku sebagai mahasiswa hanya bisa berperasangka buruk, mungkin ingin tidur pagi bersama istrinya. Tapi jangan salahkan aku yang berperasangka buruk. Aku seorang mahasiswa, kata kakak senior waktu OSPEK dulu, agent of change, agen perubahan. Jadi, di saat aku masih menjadi siswa selalu berperasangka baik pada guru-guruku, maka sepatutnyalah sekarang ini aku berubah: harus berperasangka buruk pada dosen. “Iya, dong, Agent of Change!

Nb. Tulisan ini hanyalah fiktif belaka, karena ditulis tepat saat bangun tidur.

Kamis, 07 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar